Nama : Bismantaka Prizna
Npm : 52414203
Kelas : 3IA22
Tugas : 1
Teknologi Game
Game/permainan adalah sesuatu yang sangat digemari
oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan game juga
merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual
playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan
aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal.Beberapa waktu lalu istilah “game” yang
dalam bahasa Indonesia adalah “permainan” identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.Saat ini perkembangan games
di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk
menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah
yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan
hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan
sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para
penggunanya.Aplikasi games dapat dijalankan pada berbagai platform. Beberapa
platform media yang bisa dijadikan pilihan untuk advergames adalah :
1. Personal Computer berupa aplikasi games pada PC.
Games ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal Computer,
durasi waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games tersebut bagus dan
mampu menghibur audience/pemain, maka selama itulah tingkat kemungkinan untuk
dilihat audience akan semakin tinggi. Pembuatan Games ini biasanya menggunakan
Language C++ / C#, membutuhkan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas
games tersebut.
2. Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang diletakkan
pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu menggunakan akses
internet dan browser untuk mengakses games tersebut. Corporate yang memiliki
keinginan mengumpulkan komunitas internet dan sekaligus memperkenalkan
product/brandnya kepada komunitas Internet sangat cocok memilih media games
online internet ini. Pilihan ini banyak digunakan karena dapat meningkatkan
traffic pada suatu website Bila games yang dibutuhkan simple maka diperlukan
waktu pengembangan yang relative lebih singkat 1-2 bulan.
3. SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan
pada mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows
mobile 5.0. Product yang memiliki target market status ekonomi A,B dan karakter
pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media
PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising. Games
bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis pada umumnya lebih disukai oleh
orang-orang golongan ini. Waktu pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan
tergantung dengan kompleksitas games tersebut
4.CellPhones / Mobile Phones. Aplikasi games untuk
cell-phones atau mobile phones sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan
potensial pelanggan dengan golongan Status Ekonomi Responden A,B dan C. Produk
yang memiliki target golongan ABG, remaja, anak kuliah, eksekutif muda sangat
tepat menggunakan media ini, mengingat pada golongan inilah mereka suka sekali
mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi yang tersedia pada
mobile/cellphones mereka. Mereka biasanya aktif mencari aplikasi bersifat fun
atau game yang dapat mengisi waktu senggang mereka. Waktu pengembangan untuk
membuat aplikasi pada devices ini relative lebih pendek yaitu 1-3 bulan
tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
BISNIS DALAM KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS
Dalam bidang bisnis komputer berguna untuk kegiatan
transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi
dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem
Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan
sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak
bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan
perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah
dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol
komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari
ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang
dagangan dan menghitung rugi labanya.Kehadiran komputer di dalam dunia bisnis
juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan sangat
sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan
retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok
barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk
dilakukan.Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan
sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun incidental
dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Di perusahaan dagang seperti
department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang
dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan
oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya dengan cepat dan tepat, untuk
scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi.
3D GAME ENGINE & GAME MAKER
1. Game
Engine adalah sebuah sistem yang didesain untuk pembuatan dan pengembangan
video game. Game engine yang memimpin menyediakan sebuah software framework
yang digunakan oleh para developer untuk membuat game baik konsol video game,
peralatan mobile dan PC. Fungsi Utama yang disediakan oleh game engine meliputi
untuk merender grafik 2D atau 3D grafik, phisycs engine (pendeteksi tumbakan
atau respon dari tumbukan) , suara, listing pemrograman, animasi, AI,
Jaringtaris dan sebagainya.an, streaming, pengaturan memori, threading support,
dan grafik lingkungan. Proses dalam pengembangan game biasanya dilakukan dengan
berhemat yakni dengan menggunakan game yang sama atau mengadaptasi game yang
sama untuk membuat game lain yang berbeda atau membuat game lain dengan
platform yang lebih banyak lagi.
2.
Beberapa Game Engine disertai alasannya
a. Unity
: yang menjadi alasan dasar memakai game engine ini adalah salah satu software
yang direkomendasikan oleh banyak orang
pertama kali saat tahu bahwasannya diterima diprodi teknologi game
selain itu pengaplikasiain dari software 3D
ini juga dapat digunakan dengan mudah didukung dengan tool yang ada
sekaligus beberapa tutorial yang telah menjamur di dunia maya tidak hanya itu
didalam softaware ini juga mampu untuk menampilan grafik 2D, dan peggunaan
software ini bisa kita gunakan di berbagai platform yakni web plugins, desktop
platforms, consoles and mobile devices. Software ini juga menyediakan 2 versi
yakin unity dan unity pro yang mana keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.
b. Game
Maker : Karene ini adalah salah satu software yang banyak diminati oleh orang
dan sudah banyak dikenal orang karena menyediakan beberapa tool yang
mempermudahkan seseorang yang tidak
berpengalaman dalam pemrograman untuk membuat game dengan cara drag and
drop button-button yang tersedia dalam
game engine ini. Tetapi, jika kita ingin membuat pergerakan dan
memberikan hal yang lebih yang lebih dalam game yang kita buat maka kita bisa
menggunkan script kode yang kita tuliskan. Selain itu game maker juga
menyediakan 2 versi yaitu lite dan pro dan hasil game yang dapat kita buat di
software ini misal RTS, RPG, TD, maze, dan platform.
c.
Construct 2 : Karena kemudahannya yang hampir sama dengan game maker.
Maka Construct 2 juga banyak dipakai orang dan direkomendasikan oleh orang yang
pernah memakainya Software yang satu ini juga sama – sama menyediakan kemudahan
dalam membuat game meskipun kita tidak berbekal pemrograman karena terdapat
tool yang menyediakan kemudahan dalam mensetting game yang akan kita buat
dengan list-list aturan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan kita.
d. FPS
Creator : Karena Game engine ini memang dikhususukan untuk genre game FPS,
hasil dari software ini sangat memuaskan karena asset yang disediakan sangat
variatif dan untuk penerapan pembuatan game ini sangatlah sederhana. Mula-mula
yang kita lakuakan hayalah mengatur environment, NPC, player, hingga senjata
dan misi apa saja yang akan kita terapkan dalam gamekita dengan klik, drag and
drop. Yang menjadi hal utama disini adalah imajinasi dan kreativitas pengguna.
Meskipun tanpa script coding kita bisa menghasilkan game 3D yang mirip game FPS
yang menggunakan script coding secara visual.
e. RPG
Maker : Karena pemfokusannya terhadap genre game RPG, game engine ini mempunyai
tempat tersendiri. Genre RPG yang diusung juga, salah satu genre game yang
banyak peminatnya. Dalam game engine ini banyak sekali kemudahan yang
ditawarkan saat pembuatan game. Dari pemilihan player, environment maupun
asset. Tidak tanggung-tanggung hampir asset hingga pengaturan actionnya yang
ada dalam game engine ini cukup lengkap sehingga kita bisa memilih sesuai
dengan kebutuhan kita. Grafik yang dihasilkanjuga tergolong bagus.
https://witanduty.wordpress.com/6/
http://gamedalamcoretan.blogspot.co.id/2014/07/game-engine.html
https://asonbasoni.wordpress.com/2013/06/28/kegunaan-komputer-dalam-bidang-bisnis-dan-perbankan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar