Rabu, 18 Januari 2017

Virtual Reality

Nama : Bismantaka Prizna
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik(Softskill)
Dosen : Syefani Rahma Deski

VIRTUAL REALITY
salah satu tren yang menarik lainnya di 2016 ini adalah virtual reality atau biasa disingkat VR. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.
Kelebihan utama dari virtual reality adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari virtual reality, namun juga indra yang lainnya.
Teknologi virtual reality sejatinya telah banyak diterapkan di beberapa sektor industri seperti kedokteran, penerbangan, pendidikan, arsitek, militer, hiburan dan lain sebagainya. Virtual reality sangat membantu dalam mensimulasikan sesuatu yang sulit untuk dihadirkan secara langsung dalam dunia nyata. Seperti halnya untuk bidang militer, alih-alih menerjunkan langsung para tentara ke medan perang sebagai latihan, virtual reality bisa menghadirkan simulasi perang secara virtual. Para tentara bisa merasakan sensasi berada di medan perang secara nyata dengan virtual reality. Tentunya ini bisa lebih praktis dan lebih ekonomis.
Pemanfaatan virtual reality juga sangat membantu dalam bidang penerbangan. Dengan menggunakan virtual reality, para pilot bisa berlatih untuk menerbangkan pesawat secara virtual. Para pilot bisa merasakan sensasi menerbangkan pesawat tanpa harus benar-benar menerbangkan pesawat sungguhan. Dan tentunya akan menghindari resiko terjadinya kecelakaan saat latihan.
Sama halnya dengan bidang militer,aplikasi Virtual Reality juga ada di bidang olahraga.Ini digunakan untuk meminimasi cedera terutama bagi penggandrung olahraga ekstrem tetapi tidak berani melakukan nya.  Jadi mereka hanya akan melakukan olahraga tersebut melalui dunia virtual, tanpa harus takut mengalami cedera.
Bentuk aplikasi lain nya di bidang Edukasi. Disini Virtual Reality digunakan sebagai media belajar bagi orang-orang sebelum terjun langsung ke dunia nyata. Contohnya belajar menyetir (bayangkan bila stir mobil sungguhan langsung diberikan pada mereka). Maka teknologi Virtual Reality akan sangat membantu sebagai fasilitas pembelajaran bagi orang-orang yang ingin belajar menyetir misalnya agar dapat berlatih dahulu di dunia virtual untuk meminimasi kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.
Masih banyak bentuk aplikasi virtual reality. Sayangnya di Indonesia belum banyak yang menerapkan teknologi Virtual Reality ini. Lain halnya dengan Teknologi Augmented Reality.


https://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/27/virtual-reality-and-augmented-reality-the-future-of-technology/
https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar