Sabtu, 17 Juni 2017

TEORI PERMAINAN

Nama : Bismantaka Prizna
NPM : 52414203
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Dosen : Rifki Amalia
Tugas  : Penulisan 8


Pengertian
Merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan pada saat dua pihak atau lebih barada dalam kondisi persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing disumsikan bersifat rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Model-model teori permainan dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara, tergantung pada faktor-faktor yaitu banyaknya pemain, jumlah keuntungan serta kerugian, dan banyaknya strategi yang digunakan dalam permainan.
Teori permainan (Game Theory) merupakan teori yang menggunakan pendekatan matematis dalam merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Teori ini dikembangkan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan yaitu strategi optimum dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan.

Asumsi-Asumsi Teori Permainan
Diperlukan 4 elemen dasar dari sebuah permainan agar permainan dapat dimodelkan secara matematis, antara lain:
·         Pemain
·         Tindakan
·         Payoff
·         Informasi

Model Permainan
Klasifikasi berdasarkan jumlah pemain, antara lain:
·         Game dua-pemain (2-person)
·         Game N-pemain (N≥3)

Klasifikasi berdasarkan jumlah keuntungan dan kerugian, antara lain:
·         Permainan Jumlah-Nol (Zero-Sum Game), merupakan jumlah payoff dari setiap pemain sama dengan nol. Untuk permainan dengan 2 pemain, besar keuntungan di satu pihak sama dengan besar kerugian di pihak lain.
·         Permainan Bukan Jumlah-Nol (Non-Zero-Sum Game), merupakan jumlah payoff dari setiap pemain tidak sama dengan nol. Untuk permainan dengan 2 pemain, besar keuntungan di satu pihak tidak sama dengan besar kerugian di pihak lain.

Klasifikasi berdasarkan jumlah strategi, antara lain:
·         Permainan strategi-murni (Pure-Strategy Game)
·         Permainan strategi-campuran (Mixed-Strategy Game)

Klasifikasi berdasarkan urutan (giliran) bermain, antara lain:
·         Permainan Sekuensial, dimana pemain melakukan tindakan secara bergantian. Pemain berikutnya mengetahui tindakan yang diambil oleh pemain sebelumnya (mungkin secara tidak utuh).

·         Permainan Simultan, dimana pemain melakukan tindakan secara bersamaan. Pada saat mengambil tindakan, pemain yang terlibat tidak mengetahui tindakan yang dipilih oleh pemain lainnya. Dalam hal ini, jeda waktu pengambilan tindakan antara sesama pemain tidak berpengaruh terhadap pilihan yang diambil oleh pemain yang bersangkutan.

Klasifikasi berdasarkan kesempurnaan informasi, antara lain:
·         Permainan dengan informasi sempurna, adalah dimana pemain mengetahui dengan pasti tindakan yang diambil oleh lawannya, sebelum ia memilih tindakan (asumsi ini hanya dapat dipenuhi oleh permainan sekuensial).

·         Permainan dengan informasi tidak sempurna, adalah dimana pemain tidak mengetahui tindakan yang dipillih lawannya sebelum permainan berakhir.

Klasifikasi berdasarkan kelengkapan informasi, antara lain:
·         Permainan dengan informasi lengkap, dimana pemain mengetahui payoff lawannya.

·         Permainan dengan informasi tidak lengkap, dimana pemain tidak memiliki informasi lengkap tentang payoff lawannya.

Klasifikasi berdasarkan adanya kesepakan (komitmen), antara lain:
·         Permainan kooperatif
·         Permainan nonkooperatif
·         Para pemain tidak membuat komitmen yang mengikat.

Payoff
Payoff merupakan angka yang menunjukkan hasil dari strategi permainan yang diinginkan oleh yang bersangkutan. Hasil ini dinyatakan dalam bentuk ukuran efektivitas, seperti uang, persentase market share, atau kegunaan. Dalam suatu permainan, payoff dapat dipresentasikan dalam bentuk matriks payoff.
Untuk permainan dua-pemain bukan-jumlah-nol (2-person non-zero-sum game), payoff direpresentasikan dalam bentuk bimatriks. Untuk permainan dua-pemain jumlah-nol (2-person zero-sum game), payoff direpresentasikan dalam bentuk matriks dan atau bimatriks.

Strategi

Strategi permainan adalah rangkaian kegiatan atau aktivitas yang menyeluruh dari pemain yang bersangkutan, sebagai respon atas aksi yang mungkin dilakukan oleh pemain lain (pesaingnya). Suatu strategi dikatakan dominan apabila, setiap payoff dalam strategi adalah superior terhadap setiap payoff yang berhubungan dalam suatu strategi alternatif. Aturan dominan ini dapat digunakan untuk mengurangi ukuran matriks payoff dan upaya perhitungan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar