Senin, 12 Oktober 2015

Tugas Softskill

Komputer
Pengertian Komputer

            Kata Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang artinya menghitung dalam bahasa inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data, mengolah data dan memberikan informasi serta terkoordinasi dibawah konrol program yang tersimpan dimemorinya.

1.      Input device, adalah perangkat perangkat keras komputer yang berfungsi memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse,joystick dan lain lain.
2.      Prosesor, adalah perangkat utama dalam komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagi utama, yaitu :
·         Control unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device
·         Arithmetic Logic Unit(ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data arimatika serta data logika

3.      Memori adalah media penyimpan data yang terdapat pada komputer
Memori terbagi atas dua macam, yaitu :
·         Read only memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer . Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menamnpilkan pesan di layar.
·         Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa ram adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu jika komputer kita matikanm maka seluruh data yang terismpan dalam RAM akan hilang.
4.      Output Device, Adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilakn keluaran, apakah itu ke kertas(hardcopy), ke layar monitor(softcopy) atau keluaran berupa suara.Contohnya printer speaker,plotter,monitor dan banyak yang lainya.


5.      Hardisk, Adalah media yang digunakan sebagai alat booting dan menyimpan data.Hardisk dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu IDE dan SCSI jenis ide punya 40 poin sedangkan jenis SCSI punya 50 poin.

Kecepatan Hardisk IDE yang ada saat ini :
·         3600 rpm yang biasa disebut dengan ATA 66
·         5400 rpm yang biasa disebut dengan ATA 100
·         7200 rpm yang biasa disebut dengan ATA 133

6.      CD- ROM, Adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram. Media ini harus menggunakan CDRW drive. Kemampuan penyimpanan CD bisa mencapai 700mb, setara dengan floopy disk sebanyak 486 buah.

7.      Floopydisk, Adalah media penyimpan data . namun kapasitasnya relative kecil. Kemampuan menyimpan dari disket yang sering dipakai sekarang 1,44 mb.

8.      Flahdisk, adalah alat untuk menyimpan data eksternal menggunakan penghubung USB. Kemampuanya menyimpan data mulai dari 32 mb,64mb,128mb,256mb dan sekarang sudah mencappai kapasitas lbh dr 1 gb.

9.      Monitor/screen monitor merupaka n sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit(VDU)


Software(perangkat lunak), merupakan program program komputer yang bergunak untuk mejalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Progam tersebut ditulis dengan bahasa khususu yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari bebarapa jenis yaitu :
·         Sistem Operasi, seperti dos, unix,linux,novell adalah software yang berfungsi untu mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tidak dapat berjalan.
·         Program Utility, seperti Norton, scandisk, pc tools, dll. Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kelemahan dari system operasi misalnya pc tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC TOOLS mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh dos tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
·         Program Aplikasi, seperti GL, MYOB,Payroll dll. Merupakan program khuusus untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan
·         Program Paket, seperti microsoft Office, Adobe photoshop, Macromedia studio, Open Office adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota atau bagian administari untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya

·         Bahasa pemrograman, Php, ASP, dBase, VisualBasic, dll merupakan software yang khusus diguanakan untuk membuat program komputer dl


Daftar pustaka: 
Pengenalan komputer, Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D., ANDI Yogyakarta
kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb1-1.html
http://komputerhpgadget.blogspot.sg/2015/07/pengertian-komputer.html
http://arunasachikayana.blogspot.sg/2013/01/pengertian-komputer-definisi-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar